Kualitas pendidikan di Indonesia sangat memprihatinkan. Ini
dibuktikanantara lain dengan data penghasilan per kepala yang menunjukkan,
bahwa indeks pengembangan manusia Indonesia makin menurun. Di antara 174
negara di dunia,Indonesia menempati urutan ke-102 (1996), ke-99 (1997), ke-105
(1998), dan ke-109(1999).Yang di rasakan sekarang adalah adanya ketertinggalan
di dalam mutu pendidikan. Baik pendidikan formal maupun informal dengan
contoh realita yang ada di indonesia
misalnya di daerah pedalaman seperti papua, fasilitas di sana kurang memadai
dan tenaga pengajar sangat terbatas karna kurangnya perhatian dari pemerintah.
Sistem yang ada di indonesia dan kurang adil jika di terapkan seperti sistem
yang sekarang karena kualitas pendidikan
di indonesia masih belum merata tetapi standar yang di tetapkan oleh pemerintah
sama rata . Pendidikan memang telah menjadi penopang dalam meningkatkan sumber
daya manusia Indonesia untuk pembangunan bangsa. Oleh karena itu, kita
seharusnya dapat meningkatkan sumber daya manusia Indonesia yang tidak kalah
bersaing dengan sumber daya manusia di negara-negara lain.
Pemerataan pendidikan, terutama di daerah tertinggal, sangat
memerlukan adanya peningkatan di bidang sarana dan prasarana. Karena Sarana dan
prasarana ini sangat vital peranannya
dalam proses belajar mengajar.
Terbatasnya fasilitas untuk pembelajaran
ini berkaitan dengan dana yang disediakan pemerintah.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar