Halaman

Selasa, 03 April 2012

3.Proses pembelajaran di Daerah yang tertinggal/terpencil.



Kualitas pendidikan di Indonesia sangat memprihatinkan. Ini dibuktikanantara lain dengan data penghasilan per kepala yang menunjukkan, bahwa indeks pengembangan manusia Indonesia makin menurun. Di antara 174 negara di dunia,Indonesia menempati urutan ke-102 (1996), ke-99 (1997), ke-105 (1998), dan ke-109(1999).Yang di rasakan sekarang adalah adanya ketertinggalan di dalam mutu pendidikan. Baik pendidikan formal maupun informal dengan contoh  realita yang ada di indonesia misalnya di daerah pedalaman seperti papua, fasilitas di sana kurang memadai dan tenaga pengajar sangat terbatas karna kurangnya perhatian dari pemerintah. Sistem yang ada di indonesia dan kurang adil jika di terapkan seperti sistem yang sekarang  karena kualitas pendidikan di indonesia masih belum merata tetapi standar yang di tetapkan oleh pemerintah sama rata . Pendidikan memang telah menjadi penopang dalam meningkatkan sumber daya manusia Indonesia untuk pembangunan bangsa. Oleh karena itu, kita seharusnya dapat meningkatkan sumber daya manusia Indonesia yang tidak kalah bersaing dengan sumber daya manusia di negara-negara lain.

Pemerataan pendidikan, terutama di daerah tertinggal, sangat memerlukan adanya peningkatan di bidang sarana dan prasarana. Karena Sarana dan prasarana ini sangat vital peranannya dalam proses belajar  mengajar. Terbatasnya fasilitas untuk  pembelajaran ini berkaitan dengan dana yang disediakan  pemerintah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar